Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Teknologi High Pressure-Processing (HPP) untuk Pangan Sehat dan Tahan Lama

Teknologi High Pressure-Processing (HPP) untuk Pangan Sehat dan Tahan Lama

Proses penerapan HPP Sumber: https://www.provisioneronline.com/
Proses penerapan HPP Sumber: https://www.provisioneronline.com/

HARIANSOLORAYA.COM || Teknologi High Pressure-Processing (HPP) untuk Pangan Sehat dan Tahan Lama. Kesadaran akan kesehatan tubuh menjadi salah satu perhatian pada masyarakat saat ini. Masyarakat mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi mulai dari kualitas yang lebih baik, nilai gizi, rasa, kesegaran, hingga peningkatan dalam keamanan pangan. Kualitas dari makanan yang lebih baik dapat dipengaruhi oleh cara dan proses dalam pengolahannya. Teknologi pengolahan makanan umumnya melakukan proses pasteurisasi dan pemanasan yang dapat mempengaruhi karakteristik, kandungan gizi hingga rasa dari makanan tersebut dan dapat mempengaruhi penerimaannya pada masyarakat sebagai konsumen.

Berbagai jenis bahan pangan Sumber: awsimages.detik.net.id
Berbagai jenis bahan pangan Sumber: awsimages.detik.net.id

Bahan makanan alami memiliki umur simpan yang pendek dan mudah mengalami kebusukan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat umur simpan makanan lebih lama yaitu dengan melakukan pengolahan dengan berbagai metode atau penambahan zat aditif bahan pengawet. Metode pengolahan makanan yang umum dilakukan adalah pendinginan, pembekuan atau dengan metode termal dengan pemanasan atau pengeringan. Teknologi pengolahan lainnya yang dapat digunakan untuk menambah umur simpan pada makanan yaitu dengan pengolahan non termal.

Teknologi non termal merupakan teknologi pengolahan yang tidak menggunakan proses pemanasan yang saat ini memiliki daya tarik dan perhatian yang luas pada industri makanan. Teknologi ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengolahan makanan. Salah satu teknologi non termal pada proses pengolahan pangan yang dapat digunakan adalah proses pengolahan dengan menggunakan tekanan tinggi atau High Pressure-Processing (HPP). Penerapan teknologi HPP dapat digunakan pada makanan dengan kemasan yang fleksibel seperti plastik atau plastik vakum yang tahan terhadap tekanan tinggi 100 – 600 MPa.

READ :   Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil
Produk dengan penerapan HPP Sumber: https://www.foodprocessing.com/
Produk dengan penerapan HPP Sumber: https://www.foodprocessing.com/

Aplikasi HPP pada produk pangan dapat membuat produk lebih awet dengan tidak memberikan pengawet tambahan, karena tekanan yang tinggi pada HPP dapat mempengaruhi morfologi sel dan membran mikroba yang membuat permeabilitas membran meningkat sehingga sel mikroba akan rusak. Teknologi ini juga memungkinkan untuk membuat makanan olahan mempertahankan rasa alami dan nilai gizi yang dimilikinya. Proses ini dilakukan menggunakan media cair dan pada suhu ruang dengan tanpa adanya proses pemanasan sehingga konsumsi energi yang dibutuhkan juga berkurang.

Teknik HPP dilakukan pada makanan yang sudah dikemas, sehingga mesin dan alat yang digunakan tidak bersentuhan langsung dengan makanan dan dapat mengurangi potensi terjadinya kontaminasi. Teknologi HPP telah banyak digunakan untuk produksi masal terutama di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Aplikasi penggunaan teknologi ini dilakukan pada produk daging, produk olahan susu, produk perikanan, sayuran, buah-buahan dan berbagai macam produk minuman. Aplikasi HPP pada makanan kemasan dapat digunakan sebagai salah satu faktor antibakteri pada teknologi hurdle dengan mengkombinasi variasi proses pengolahan tanpa mengubah proses yang sebenarnya. Aplikasi teknologi HPP juga dapat menghambat pertumbuhan khamir dan menurunkan kemungkinan tumbuhnya mikroba pembusuk.

READ :   Bahaya gadget pada anak
Produk dengan penerapan HPP Sumber: https://www.apfoodonline.com/
Produk dengan penerapan HPP Sumber: https://www.apfoodonline.com/

Teknologi HPP sudah diaplikasikan pada beberapa produk komersial seperti minuman jus dengan buah dan sayuran segar serta daging atau fillet ikan kemasan. Aplikasi HPP pada minuman jus dapat memberikan dampak yang positif karena kandungan vitamin dan mineral dapat dipertahankan dengan umur simpan yang lebih lama. Penelitian Yuan et al. (2018) melakukan analisis pada puree buah aronia berry yang diproses dengan menggunakan teknologi HPP pada tekanan 400 dan 600 MPa selama 5 menit dan disimpan selama delapan minggu pada suhu refrigerator yaitu 4 °C. Analisis pada puree buah aronia berry menunjukkan keberadaan bakteri-bakteri aerobik menurun secara signifikan dan tidak ada kenaikan yang drastis selama penyimpanan delapan minggu. Kondisi kapang dan khamir juga terbukti menjadi tidak aktif dan tidak terjadi pertumbuhan kembali selama masa penyimpanan, dibandingkan dengan produk yang tidak menerapkan teknologi HPP keberadaan khamir pada produk terus meningkat. Aktivitas antioksidan dan komponen fenolik yang terdapat pada puree buah aronia berry juga tetap stabil dan warna produk tidak berubah.

Berdasarkan uraian di atas, penggunaan teknologi HPP dapat menjadi alternatif teknologi modern yang dapat digunakan untuk memproses produk olahan pangan. Produk akan memiliki umur simpan yang lebih lama dengan kandungan gizi dan aktivitas antioksidan yang tetap stabil serta kualitas penerimaan konsumen yang baik. Aplikasi HPP juga dapat memenuhi keinginan konsumen untuk mengkonsumsi pangan sehat dengan kualitas keamanan yang tetap terjaga.

READ :   Daihatsu Santai Penjualan Sirion Kalah Jauh dari Mobil LCGC

 

 

Referensi:

Yuan B, Danao MGC, Lu M, Weier SA, Sratton JE, Weller CL. 2018. High pressure processing (HPP) of aronia berry puree: pilot scale processing and shelf-life study. Innovative Food Science and Emerging Technology. 47: 241 – 248.

 

 

Oleh: Hana Aulia Sativa (F2501211037)

Mahasiswi Magister Ilmu Pangan, IPB

 

 

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Banner IDwebhost