Sinergitas TNI Galakan PSN 3M Bersama Bidan Desa Boyolali

Banner IDwebhost

Boyolali, HarianSoloRaya – Upaya pencegahan terhadap penularan DBD dan penyakit Virus Zika dilakukan dengan pemutusan rantai penularan DBD berupa pencegahan terhadap gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopicus, Hal ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 10/Sambi Kodim 0724/Boyolali bersama Bidan Desa Sambi, Kab. Boyolali. (14/12).

Sudah Sejak lama telah terjadi kecenderungan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan kejadian Luar Biasa (KLB) DBD di berbagai provinsi di Indonesia. Apa lagi di saat masih musim penghujan seperti saat ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) pernah menetapkan kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia (PHEIC) terhadap penyakit virus Zika yg tersebar disebagian belahan dunia.

Kemenkespun pernah mengeluarkan surat edaran untuk menghimbau dan mendorong masyarakat, yang dimulai dari seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenkes untuk melakukan upaya pencegahan dan Pengendalian penyakit DBD dan penyakit Virus Zika. Dengan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus dengan Gerakan satu rumah satu (Juru Pemantau Jentik) Jumantik.

Menurut Kepala Puskesmas Sambi, Kec. Sambi, Kab. Boyolali Ibu Zulaika, SKM (38) menjelaskan Langkah-langkah yang dilakukan antara lain melakukan pemantauan jentik nyamuk dan PSN 3M Plus disetiap rumah secara rutin untuk memberantas sarang nyamuk yaitu dengan cara :

  1. Menguras tempat-tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat pemampungan air minum, penampungan air di lemari es, dan dispenser;
  2. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum/gentong air, kendi air dan lainnya; dan
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air seperti botol plastik, kaleng, ban bekas karena berpotensi menjad itempat perkembangbiakan nyamuk Aedes.

Selain itu, ditambah dengan Plus pada 3M Plus yang merupakan segala bentuk kegiatan pencegahan daru gigitan nyamuk, seperti :

  1. Menaburkan atau meneteskan larvasida pada…… 

 

 

Baca Selanjutnya KLIK DISINI !!!

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sinergitas TNI Galakan PSN 3M Bersama Bidan Desa Boyolali"