Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Presiden Melantik Ratusan Perwira Remaja TNI-POLRI Angkatan 2022

HARIANSOLORAYA.COM , MAGELANG || Presiden Melantik Ratusan Perwira Remaja TNI-POLRI Angkatan 2022. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ( Jokowi ) bertindak selaku Inspektur Upacara melantik 754 Perwira TNI/Polri pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Para Perwira Remaja (Paja) ini dilantik berdasarkan Keppres No.44/TNI Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI menjadi Perwira TNI dan Keppres No.45/Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian menjadi Perwira Kepolisian.

Para perwira yang dilantik terdiri dari 292 perwira lulusan Akademi Militer (Akmil), 107 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 109 dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 246 lulusan Akademi Kepolisian (Akpol). Para perwira tersebut mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) masing-masing matra.
Pada pelantikan tersebut para Capaja juga mengucapkan sumpah perwira yang didiktekan oleh Presiden Jokowi.

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,”

READ :   Publik Diminta Tahan Opini Soal Tewasnya Brigadir J, karena Bisa Jadi Persekusi

Bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga,” khusus bagi Perwira TNI.

Bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetya,” khusus Perwira Polri.
Dalam upacara tersebut, Presiden RI juga menyematkan tanda penghargaan kepada peraih Adhi Makayasa kepada tiga orang Perwira TNI dan seorang Perwira Polri yang berstatus lulusan terbaik.
Masing-masing penerima penghargaan yaitu : Letnan Dua Infanteri Rafi Naufal Arfiansyah Sarjana Terapan Pertahanan, sebagai penerima Adhi Makayasa Akademi Militer TNI AD.

Kemudian, Letnan Dua Laut Pelaut Elang Triasti Fitrananda Sarjana Terapan Pertahanan, lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut TNI AL.
Selanjutnya, Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya Sarjana Terapan Pertahanan, penerima Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara TNI AU.

Terakhir, Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho Sarjana Terapan Kepolisian, lulusan terbaik Akademi Kepolisian Tahun 2022.
Dalam amanatnya Presiden RI berpesan,untuk melanjutkan misi membawa Indonesia menjadi negara maju yang tumbuh secara inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.

READ :   Waka Polri Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di Kediri

Saudara-saudara adalah masa depan TNI dan Polri. Saudara harus cakap memahami masa depan, memahami strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan, menguasai teknologi masa depan, pandai dan berketerampilan sesuai dengan kebutuhan masa depan”.

Tunjukkan prestasi sebagai kesatria yang tangguh.
Tunjukkan integritas dan loyalitas Saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara.
Tunjukkan kecerdasan dan ketangkasan Saudara-saudara untuk menghadapi masa depan.
Tunjukkan kemampuan saudara-saudara untuk selalu berhasil menjalankan tugas.

Jadilah pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya, mengasah kualitas dan profesionalisme diri, menjaga nilai-nilai Saptamarga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Tribrata dan Catur Prasetya Polri, mengabdi untuk Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kehormatan yang saudara raih hari ini bukanlah hasil jerih payah saudara-saudara sendiri. tanpa pengorbanan dari para orang tua saudara, tanpa dukungan negara, saudara bukanlah siapa-siapa. Oleh karena itu, berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya, berbaktilah kepada orang tua saudara untuk mohon doa dan restunya.

READ :   Anugerah MTQ Polri, Kapolri , Berharap Terbentuknya SDM, Unggul Berakhlak Yang Diharapkan Masyarakat

Selamat bertugas para Patriot Muda Indonesia. Jagalah kehormatan dirimu sebagai Perwira TNI-Polri. Teruslah berjuang untuk negeri tercinta. Berdirilah di garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya. (Red)

 

 

( Galih RM )

 

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Banner IDwebhost