Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Pimpin Rapat TPID, Endang Usulkan Pengendalian Inflasi Melalui Operasi Pasar

HARIANSOLORAYA.COM , TANJUNG PINANG || Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, S.Kp, M.Si  membuka rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama tim TPID Kota Tanjungpinang, di ruang Rapat Engku Putri Raja Hamidah, Kantor Wali Kota, Kamis (04/08).

Dalam kesempatan itu Endang menyampaikan pada Juni 2022, Kota Tanjungpinang mengalami inflasi bulanan sebesar 0,80% mtm, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya.

Pada bulan Juni 2022 Kota Tanjungpinang mengalami inflasi bulanan utamanya yang didorong oleh peningkatan harga komoditas aneka cabai dan telur ayam ras,” ucap Endang.

READ :   Komandan Wingdik 500/Umum Buka Diklat Alih Golongan

Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor penyebab peningkatan harga cabai dan telur ayam ras tersebut.

Peningkatan harga cabai disebabkan oleh menurunnya pengiriman pasokan dari sentra produsen sejalan dengan penurunan hasil panen.

Dan peningkatan harga telur ayam ras didorong oleh kenaikan harga pangan impor yang dipengaruhi kenaikan harga pakan ternak. Namun seiring perbaikan daya beli, inflasi tahunan Kota Tanjungpinang meningkat,” jelas Endang.

Advertisement
READ :   Ribuan orang ikuti Jalan Sehat Gebyar Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah serentak se-Jawa Tengah

Endang berharap adanya usulan pengendalian inflasi jangka pendek melalui pelaksanaan operasi pasar. “Kendalikan inflasi jangka pendek melalui operasi pasar, sidak pasar dan operasi pasar murah.

Upaya pengendalian inflasi melalui strategi 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi Efektif) perlu untuk terus dioptimalkan untuk tetap menjaga inflasi,” tutup Endang.

Turut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Zulhidayat, S.Hut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bambang Hartanto, ATD., SE., M.Si, Dinas Perdagangan & Perindustrian, Dinas P3A & Penmas, Bagian Ekonomi, dan Balai Karantina Pertanian. Serta mengikuti secara daring dari Polresta, Balai Karantina Perikanan, Bank Indonesia, Bulog, Pelindo, BMKG, dan Bappelitbang. Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Tanjungpinang. (rvi)

READ :   Teror KST Masih Berlanjut, Tim Gabungan TNI Polri Evakuasi 18 Warga Alama Nduga

Editor : Galih RM

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner IDwebhost