Latihan Praktek Navigasi 2 Bagi 42 Taruna AAL Tingkat II KORPS Pelaut Berakhir

HARIANSOLORAYA.COM—Surabaya (24/4).
Latihan Praktek Navigasi 2 bagi 42 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-67 Korps Pelaut yang dimulai sejak 13 April lalu berakhir hari ini, dan ditutup secara resmi oleh Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL, Kolonel Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., M.A.P. di Gedung Bawean, Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya, Jumat (24/4).

Latihan Praktek Navigasi 2 yang diikuti 42 Taruna dan Taruni AAL Korps Pelaut ini, telah berlangsung selama sepuluh hari yaitu, lima hari pendalaman materi di kelas Peta Gedung Bawean, tiga hari praktek di Brigde Simulator 3 Gedung Andromeda, satu hari ujian tulis dan satu hari ujian di Brigde Simulator Gedung Andromeda.

Menurut Kadeppel AAL, upacara penutupan hari ini adalah merupakan tanda berakhirnya Latihan Praktek Navigasi 2 yang diselenggarakan oleh Departemen Pelaut selaku Prodi Manajemen Pertahanan Matra Laut.

Latihan Praktek Navigasi 2 ini ungkap Kadeppel bertujuan agar Taruna Korps Pelaut memiliki keterampilan dalam melaksanakan prosedur navigasi dan penggunaan alat bantu navigasi saat melaksanakan pelayaran di alur sempit, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Perwira jaga laut di KRI

Dari Latihan Praktek Navigasi 2 ini lanjutnya, lembaga pendidikan AAL berharap kepada seluruh Taruna Tingkat II Korps Pelaut dapat memiliki keterampilan membuat rencana halu keluar/masuk alur pelabuhan dan ketepatan dalam melaksanakan prosedur melewati alur sempit sesuai dengan rencana halu/track yang telah dibuat.

Kemudian dapat mengidentifikasi rambu-rambu navigasi, menentukan posisi kapal dengan berbagai referensi yang tersedia, serta melaksanakan prosedur komunikasi saat berpapasan atau mendahului kapal lain pada saat melaksanakan pelayaran di alur sempit, sehingga para Taruna diharapkan dapat mengaplikasikan dalam melaksanakan tugas sebagai Perwira divisi navigasi dan Perwira jaga laut di KRI.

“Sebelum berakhirnya latihan praktek navigasi 2 ini, saya mewakili Gubernur Akademi Angkatan Laut menyampaikan terima kasih kepada seluruh staf latihan dan para Taruna atas terselenggaranya latihan praktek ini, semoga latihan ini dapat bermanfaat dalam kedinasan nantinya,” pungkasnya.

Banner IDwebhost banner 468x60
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Latihan Praktek Navigasi 2 Bagi 42 Taruna AAL Tingkat II KORPS Pelaut Berakhir"