Komandan Kodiklatal Terima Paparan Tim Survei Pembentukan Pusdiklatal

Banner IDwebhost

Kodiklatal Surabaya, 31 Agustus 2020

Surabaya–HARIANSOLORAYA.COM–Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menerima paparan dari tim Survei rencana pembentukan Pusat Pendidikan TNI Angkatan Laut (Pusdiklatal) di Indonesia wilayah barat dan Indonesia wilayah tengah. Adapun paparan tersebut dilaksanakan di gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi laut (Pusat Opsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Senin, (31/8).

Hadir dalam paparan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal.

Adapun paparan pertama disampaikan Direktur Doktrin (Dirdok) Laksma TNI Antongan Simatupang yang melaksanakan survei pembentukan Pusdiklatal di Indonesia Wilayah Barat tepatnya di daerah Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Lokasi rencana pembentukan Pusdiklatal ini jadi satu dengan lokasi Batalyon Infanteri 8 Marinir Kormar.

Dalam paparanya Dirdok menyampikan bahwa lokasi yang berada di daerah Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat Sumatera Utara secara sarana dan prasarana memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pendidikan TNI AL. Untuk sementara sarana yang digunakan berupa gedung perkantoran, barak, dapur, sarana ibadah dan sarana lain berupa kolam renang dan halang rintang menggunakan sarana yang dimiliki Batalyon 8 Marinir.

Sementara paparan kedua disampaikan Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han) yang melaksanakan survei di daerah Tanjung Uban yang berada dibawah Lantamal IV Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Dalam paparanya Wadan Kodiklatal menyampaikan secara sarana dan prasarana Tanjung Uban juga siap mendidik prajurit TNI AL. Adapun sarana dan fasilitas gedung yang digunakan adalah gedung Fasilitas Pemeliharaan dan perbaikan (Fasharkan) Mentigi Tanjung Uban, sedangkan kekuarangannya adalah fasilitas sarana halang rintang.

Paparan terakhir disampaikan oleh Direktur Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dirdiklat) Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA yang melaksanakan survei pembentukan Pusdiklat di daerah Makasar Sulawesi Selatan. Adapun sarana pendidikan ini untuk sementara memanfaatkan gedung yang ada di Mako Lantamal VI Makasar. Menurutnya secara sarana dan prasarana Makasar siap mendidik prajurit matra laut Indonesia wilayah tengah.

Sementara itu Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat selesai menerima paparan menyampaikan bahwa Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan Sumber daya manusia TNI AL. Menurutnya Pusdiklatal saat ini telah mendidik para prajurit TNI AL dari bumi Cendrawasih Papua ,yang dibuka beberapa waktu lalu. Kedepan Kodiklatal juga siap mendidik prajurit TNI AL diwilayah Indonesia barat dan tengah setelah hasil survei ini dipapakan di depan Kasal dan para asiten Kasal.(*)

Publizhert: Hariadi talli

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Komandan Kodiklatal Terima Paparan Tim Survei Pembentukan Pusdiklatal"