Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Inspektorat Kota Surakarta Didesak LSM LAPAAN RI Jateng Segera Sampaikan Hasil Audit Pasar Ikan Balekambang

Sampaikan saja ada pelanggaran atau tidak, jangan masyarakat dibuat bingung dan sampaikan detailnya. Setelah itu keluarkan rekomendasi apakah ditutup, pindah tempat atau seperti apa. Jadi nek [Kalau-RED] salah yo salah, bener yo bener. Ojo delikan [Jangan sembunyikan-RED]. Kusuma menambahkan, keterbukaan informasi publik jangan disepelekan, mengingat hal itu merupakan kewajiban Pemkot Kota Surakarta

Kantor Inspektorat Kota Surakarta - HARIANSOLORAYA.COM
Kantor Inspektorat Kota Surakarta - HARIANSOLORAYA.COM

KOTA SURAKARTA, HARIANSOLORAYA.COM || Inspektorat Kota Surakarta didesak untuk membuka hasil audit Pasar Ikan Balekambang ke publik. Ketua LAPAAN RI Jateng menegaskan, apakah hasil audit itu ada pelanggaran atau tidak.

Polemik Pasar Ikan Balekambang terus bergulir. LAPAAN RI mendesak agar inspektorat segera membuka ke publik hasil audit yang telah dilaksanakan, apakah ada pelanggaran yang dilakukan pengelola atau tidak.

Penegasan itu disampaikan Ketua LSM LAPAAN RI Jawa Tengah, DR. BRM Kusuma Putra, SH., MH., saat menyoroti Inspektorat Surakarta terkait audit yang dilakukan.

Tak kunjung ada penjelasan tentang hasil audit Pasar Ikan Balekambang, Manahan, Kota Surakarta, Ketua LAPAAN RI Jawa Tengah, DR. BRM Kusuma Putra, SH., MH., mendesak Inspektorat Kota Surakarta segera menyampaikan hasil auditnya ke publik.

READ :   LAPAAN RI : Jangan Plonga-plongo ! Inspektorat Kota Solo Didesak Segera Audit Pasar Ikan Balekambang

Kusuma yang selama ini juga dikenal sebagai advokat mengemukakan, Inspektorat wajib memberikan hasil audit kepada masyarakat mengacu pada Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Masyarakat berhak mendapat informasi terkait hasil audit. Jangan nanti malah ada kesan Inspektorat menutupi dugaan banyak pelanggaran yang timbul dan seolah-olah ada pihak yang dilindungi,” ucap Kusuma dengan tegas, Selasa (14/3/2023).

Menurutnya, ditemukan pelanggaran atau tidak dalam proses audit, masyarakat berhak mengetahui hasilnya.

“Sampaikan saja ada pelanggaran atau tidak, masyarakat jangan dibuat bingung dan sampaikan detailnya. Setelah itu keluarkan rekomendasi apakah ditutup, pindah tempat atau seperti apa. Jadi nek [Kalau-RED] salah yo salah, bener yo bener. Ojo delikan [Jangan sembunyikan-RED],” tegas Kusuma Putra sang Ketua LAPAAN RI Jateng.

READ :   4 Pejabat Diperiksa Terkait Dugaaan Pelanggaran Pasar Ikan Balaikambang Solo
Ketua LAPAAN RI Jateng DR. BRM. Kusuma Putra, SH., MH
Ketua LAPAAN RI Jateng DR. BRM. Kusuma Putra, SH., MH

Kusuma menambahkan, keterbukaan informasi publik jangan disepelekan, mengingat hal itu merupakan kewajiban bagi Pemkot Kota Surakarta.

“Hak publik jangan disepelekan. Inspektorat juga seharusnya menghargai DPRD Kota Surakarta yang sudah menggelar healing dan menyampaikan ada pelanggaran,” pungkasnya.

Sebelumnya, Inspektorat Kota Surakarta telah merampungkan audit pengelolaan Pasar Ikan Balekambang. Saat ini berkas audit yang berisi tentang berita acara pemeriksaan (BAP) tengah dianalisis oleh tim Inspektorat Kota Surakata.

“Audit dari pengumpulan bahan, pemanggilan orang-orang yang dimintai keterangan telah selesai. Semua sudah kami panggil yang diperlukan. Saat ini bahan-bahan sudah kami kompilasi, lalu dianalisis,” ungkap Kepala Inspektorat Kota Surakarta, Lilik Joko Saptyanto.

READ :   LSM LAPAAN RI Jateng Desak Kejari Karanganyar Segera Umumkan Tersangka Dugaan Korupsi Dana BUMDes Berjo

Apabila telah selesai dianalisis, kata Lilik, tentunya akan segera dilaporkan ke Walikota Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Walikota, Teguh Prakosa. Termasuk, rekomendasi yang diusulkan.  [CH86-TEAM]

 

Bagikan Artikel :
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner IDwebhost