Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Horee..Kodim 0725 Sragen Panen padi

HARIANSOLORAYA.COM, SRAGEN || Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, 3 bulan yang lalu kodim Sragen membuat demplot menanam padi. Demplot atau Demontration Plot itu sendiri adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan oleh Kodim Sragen.

Hari ini genap 3 bulan pembuatan demplot penanaman padi dan saatnya dipanen. Lahan seluas 5000 meter tersebut adalah milik Supriyono warga dk. Bendungan Ds. Dawungan Masaran yang disewa oleh Kodim Sragen. Padi yang ditanam adalah jenis Inpari 32. Keunggulan jenis ini adalah hasil panen lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya dan juga tahan penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB). Sabtu, 09/07/2022.

READ :   Minimalisir Pelanggaran, Kodim Sragen Menerima Penyuluhan Hukum dari Kodam

Dalam sambutannya Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P mengatakan bahwa, program ketahanan pangan berupa penanaman padi oleh Kodim telah dilakukan 3 bulan yang lalu di lahan demplot seluas 5.000 meter. Salah satu tugas TNI angkatan darat adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang bertujuan untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter dengan metode pembinaan ketahanan wilayah dengan tujuan untuk mewujudkan kekuatan pertahanan aspek darat, baik yang menyangkut wilayah pertahanan maupun kekuatan pendukung guna menangkal setiap ancaman dan gangguan yang membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta menyiapkan potensi sumber daya alam dan buatan khususnya ketahanan pangan wilayah.

READ :   Heboh.....Penyidik Polsek Kembangan suruh jurnalis wanita ngomong sama pohon

Pada tahun ini Kodim 0725/Sragen tidak hanya melaksanakan pembuatan demplot saja tetapi juga ada pembuatan KRPL hidroponik yang kami buat di Kodim Sragen, untuk mewujudkan semua itu tentunya Kodim tidak bisa berjalan sendiri dan tentunya Kodim juga bersinergi dengan instansi ataupun kelompok terkait baik dari dinas pertanian maupun kelompok tani yang ada di wilayah” ungkap Dandim.

Mengakhiri sambutannya Letkol Yoga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan demplot ketahanan pangan Kodim Sragen. Dilanjutkan pemotongan padi secara simbolis oleh Dandim, Camat Masaran, Kapolsek, Tokoh Masyarakat Dawungan dan Pemilik lahan.

READ :   Car Free Day Pertama Polisi Blora Gelar Edukasi Tertib Berlalu Lintas Di Alun Alun Blora

( Red : Galih RM )

 

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Banner IDwebhost