Dukung Pemerintah, Koarmada II Gelar Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19

Banner IDwebhost

TNI AL. Koarmada II, Senin 13 April 2020.

HARIANSOLORAYA.COM–Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Iwan Isnurwanto mewakili Panglima Laksda TNI Heru Kusmanto, memberikan briefing awal pada Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19 yang dilangsungkan di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Mako Koarmada II, pada Senin (13/04/2020).

Sejak kemunculannya pertama kali di Wuhan, Tiongkok pada awal Desember 2019 , Covid-19 telah mengguncang hampir se-antero dunia dan memberikan dampak luar biasa di berbagai sektor. Dalam skala nasional, wabah Covid-19 dikhawatirkan dapat mempengaruhi kehidupan sosial yang berdampak pada keamanan negara.

“Dinamika sosial akibat pandemi Covid-19 saat ini sulit diprediksi sehingga dibutuhkan langkah cepat dan efektif untuk menghadapinya, “ kata Laksma Iwan.

Iwan pun mengungkapkan jika data terakhir pasien yang positif tertular Covid-19 di Indonesia tercatat 4.241 orang, meninggal 373 orang dan sembuh 359 orang (sumber: www.covid19.go.id).

Menurutnya penyebaran yang tidak terduga menuntuktkita harus lebih waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan, guna memutus mata rantai penyebaran virus. Koarmada II selama ini juga sudah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi penyebaran covid-19, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengingat penyebarannya yang sangat masif dari hari ke hari.

“Kita memandang perlunya melaksanakan latihan-latihan untuk mendukung aksi pemerintah menanggulangi dampak covid-19. Dimana latihan yang dilakukan saat ini memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan keamanan rakyat Indonesia, “ujar Iwan.

“Koarmada II harus terus membina kesiapsiagaannya guna mendukung tugas pokoknya dalam hal Operasi Militer Selain Perang (OMSP), melalui latihan yang dilakukan secara selektif menghadapi virus global tersebut, ” lanjut jenderal TNI AL dengan satu bintang di pundak ini.

Iwan juga berharap,melalui latihan ini para peserta mampu dan terampil menghadapi dampak covid-19 sekaligus cara penanganannya, sehingga pada saat diaplikasikan dalam satuan tugas akan lebih memahami prosedur dengan baik sesuai standar yang ditetapkan. “Selain itu agar dapat menjadi referensi bagi Lantamal dan Lanal di jajaran Koarmada II, “ tegasnya.

Selesai memberikan briefing, Laksma Iwan menyerahkan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) kepada perwakilan Komandan KRI dan diteruskan meninjau pelaksanaan latihan penanggulangan oleh tim kesehatan Covid-19 Koarmada II. Latihan direncanakan terdiri dari beberapa tahap, meliputi pelajaran kelas dan praktek lapangan, termasuk simulasi pemeriksaan kapal di laut yang diduga membawa suspect corona atau covid-19.

(Hdx/Pen2).

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dukung Pemerintah, Koarmada II Gelar Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19"