Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Dandim Sragen resmi tutup TMMD sengkuyung tahap II Tahun 2022 Di Ds. Wonorejo

HARIANSOLORAYA.COM, SRAGEN || Kodim 0725/Sragen telah melaksanakan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) sengkuyung tahap II ditahun 2022 di Ds. Wonorejo Kec. Kedawung kab sragen. Pengerjaan TMMD memakan waktu 30 hari tersebut telah selesai 100%. TMMD bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah untuk mempercepat akselerasi didaerah terpencil agar setara dengan desa lainnya serta memelihara dan meningkatkan gotong royong serta kemanunggalan TNI -Rakyat. TMMD Sengkuyung tahap II dibuka oleh Wakil Bupati Sragen H. Suroto pada 26/07/2022 silam. Rabu, 24/08/2022.

Saat Upacara Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P membacakan Amanat KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman diantaranya, pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho- Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Acara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kegiatan acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

READ :   Prajurit Kostrad Borong Habis, Mama tersenyum Manis

Oleh karena itu, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2022 yang dilaksanakan di Ds. Wonorejo Kec. Kedawung, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, cor blok jalan sepanjang 690 x 2,5 x 0,12 meter, rehab RTLH sebanyak 9 unit dan pembuatan jamban sehat sebanyak 9 unit.

Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non- fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Binkamtibmas, Pertanian, Penularan Covid-19 dan kegiatan percepatan pencapaian target dosis 3, Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan. Hadirin sekalian yang saya hormati, Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya selaku Penanggungjawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja.

READ :   Kapolres Blora Lepas Peserta Gowes Keliling Nusantara Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke 76

Kemudian, ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2022 ini “Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi, Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, Keempat, kepada para Dansatgas TMMD lakukan Sengkuyung Tahap II tahun 2022 evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang, Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan”

Demikian sambutan saya, dengan mengucap Alhamdulillahirabbil‘alamiin, pada hari ini, Rabu, tanggal 24 Agustus 2022, Pukul 09.00 WIB, TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022, secara resmi saya nyatakan ditutup, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta”.

READ :   TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo dibuka Bupati Sukoharjo

Selesai upacara penutupan TMMD dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda pembukaan jalan penghubung Dk. Serut – Ds. Babadan oleh Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi seluruh Forkopimda dan Penandatanganan prasasti oleh Dandim Sragen dilanjutkan pengecekan hasil cor blok jalan sepanjang 690 m dengan menggunakan sepeda motor dilanjutkan melihat stand UMKM dan vaksinasi di Dk.Babadan.

( G.RM )

Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Banner IDwebhost