Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Dandim 0726/Sukoharjo Serahkan Sumur Bor Untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Petani Porang

Bagikan Artikel :

HARIANSOLORAYA.COM, SUKOHARJO || Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E melaksanakan Peresmian dan Penyerahan Bantuan Sumur Bor dari Kodim 0726/Sukoharjo Kepada petani Porang Kabupaten Sukoharjo di Dukuh Tritis RT. 01 RW. 02, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jum’at (06/01/23).

Pembuatan Sumur bor yang telah dikerjakan oleh anggota Kodim 0726/Sukoharjo ini merupakan Program unggulan Kodim 0726/Sukoharjo bekerjasama dengan PT. Dua Naga.

Sumur bor tersebut mulai dikerjakan pada bulan Agustus 2022 sampai dengan Desember tahun 2022, dan pada hari ini Jum’at (06/01) diserahkan oleh Kodim 0726/Skh kepada warga masyarakat sehingga dapat secara penuh digunakan oleh warga masyarakat Dukuh Tritis dan sekitarnya, guna memenuhi kebutuhan air bersih, petani maupun kebutuhan keluarga lainnya.

Beberapa waktu yang lalu kita juga berhasil menyediakan air bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pengentasan daerah sulit air, melalui program Sumur Hidram, sekarang kita serahkan Sumur Bor kepada warga semoga kedepannya bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat,” kata Dandim Sukoharjo.

Beberapa kendala khususnya pembuatan sumur bor di Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu ini adalah yang mana letaknya berada di pegunungan dan bebatuan tentunya sulit didapatkan sumber air.

READ :   Dandim 0726/Sukoharjo Tinjau Sasaran Fisik dan Non Fisik TMMD di Desa Jangglengan Berikan Bantuan Beras dan Susu

Dengan kendala yang ada, pembuatan sumur Bor dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan sumber air, yang mana sumur ini memiliki spesifikasi kedalaman sumur lebih kurang 50 meter, debit air rata rata 1 liter/detik, dengan konstruksi pipa pralon. Mesin penyedot/pompa menggunakan listrik serta penampungan air menggunakan penampungan Tandon air kapasitas 500 liter sebanyak 4 buah.

Untuk sementara ini sumur digunakan oleh Masjid, petani porang seluas setengah hektar (50.000 tanaman porang) dan warga sekitar dapat menggunakan sumur ini untuk keperluan warga masyarakat,” terang Dandim.

Selaku Komandan Kodim 0726/Sukoharjo dan Pemda Kabupaten Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pihak ketiga yaitu PT. Dua Naga yang telah memberikan bantuan pembuatan sumur bor di Desa Tritis.

Selanjutnya kepada seluruh masyarakat Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu serta warga sekitar, Dandim 0726/Sukoharjo berpesan agar ikut menjaga dan memelihara Sumur Bor ini, sehingga sumur bor ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Disaksikan Mayor Inf Muchlisin (Kasdim 0726/Sukoharjo), Bagas Windaryatno, S.P (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo), Widyanto Setya W, S.STP, M.M (Camat Bulu), Kapten Inf Suharno (Danramil 03/Bulu), AKP Banuari, S.H (Kapolsek Bulu), Para Danramil dan Perwira staf Kodim 0726/Skh), Widodo (Kepala Desa Kamal) beserta perangkatnya, Luky (PT. Dua Naga) serta Erwin (Ketua Sahabat Petani Porang Sukoharjo) pada pukul 09.00 WIB Sumur bor unggulan Kodim 0726/Sukoharjo diserahkan kepada warga masyarakat Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu dan warga sekitarnya.

READ :   NU Minta Pesantren Tak Terprovokasi Teror Orang Gila

Hari ini kita menyerahkan Sumur Bor air dalam yang merupakan salah satu program TNI Angkatan Darat yaitu TNI Manunggal Air untuk Masyarakat, saat ini kita kerjasama dengan PT. Dua Naga, harapannya Sumur Bor ini bisa dijadikan sumber air bagi masyarakat dukuh Tritis, sumber air ini juga nantinya juga dimanfaatkan oleh para Petani Porang untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan warga masyarakat Sukoharjo,” terang Dandim 0726/Sukoharjo.

Kita akan melakukan kerjasama dalam program sedekah 1000 sumber air, kita akan lakukan di beberapa titik, ada 3 titik yang sudah kita survey dan program ini kita akan selalu berdampingan dengan Kodim 0726/Sukoharjo, di tahun 2023 ini Insyaallah kita targetkan 50 titik, kita lihat medannya seperti apa, karena kadang ada titik yang mudah ada juga yang sulit, ” kata Luki Adhi Sulaksono.

READ :   Penampungan PMI di Jalan Nuri (Ganet) di Duga Ilegal di Grebek Petugas Polresta Tanjungpinang

Kami atas nama Warga Desa Kamal mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0726/Sukoharjo dan PT. Dua Naga yang telah menyediakan Sumur Bor bagi masyarakat Desa Kamal ini, semoga kedepannya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, dimana saat musim kemarau, Desa Kamal ini sering kesulitan untuk mendapatkan sumber air bersih,” terang Camat Bulu Widiyanto.

Dengan diserahkannya Sumur bor secara penuh oleh Kodim 0726/Sukoharjo diharapkan dapat digunakan oleh warga masyarakat Dukuh Tritis dan sekitarnya, guna memenuhi kebutuhan air bersih, petani maupun kebutuhan keluarga lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 0726/Sukoharjo juga menyerahkan sembako kepada masyarakat dilanjutkan dengan meninjau hasil olahan Porang serta meninjau lahan perkebunan Porang.

(Agus W)

Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner IDwebhost