Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Cari Solusi Kekeringan Warga, Kapolres Blora Blusukan Sawah Mencari Sumber Mata Air

HARIANSOLORAYA.COM, BLORA || Memasuki musim kemarau di wilayah kabupaten Blora Jawa Tengah, sebagian besar masyarakat di Blora mulai merasa kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Salah satunya adalah warga di wilayah kecamatan Tunjungan tepatnya di kawasan desa Kalangan.

Berawal dari sambang desa oleh Kapolsek Tunjungan AKP H. Soeparlan,SH di wilayah desa Kalangan dan mendengarkan cerita dari warga perihal kesulitan air bersih, Kapolsek berinisiasi untuk bersama sama mencari solusi. Hingga akhirnya salah satu warga ada yang bercerita tentang sumber mata air di persawahan yang airnya lumayan melimpah.

Mendapat informasi tersebut, Kapolsek pun menyampaikan informasi kepada Kapolres Blora.

Mendengar informasi tersebut, Selasa, (23/08/2022) Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH bersama Wakapolres Kompol Christian Chrisye Lolowang,SH,SIK,MH, dan Kasat Lantas AKP Noach Hendrik,SIK terjun langsung meninjau lokasi sumber mata air.

Dengan mengendarai sepeda motor trail dari Mapolsek Tunjungan, menempuh jarak 4 KM Kapolres Blora beserta rombongan menempuh perjalanan ke lokasi sumber mata air dengan jalan kaki berjarak sekitar 1,5 KM dari pemukiman warga di dukuh Jamur desa Kalangan.

READ :   Pastikan Pelayanan Prima, Kapolres Blora Cek Ruang Pelayanan SPKT

Bersama dengan Kepala Desa dan perangkatnya Kapolres blusukan sawah dengan menyusuri pematang sawah meninjau tiga lokasi yang berbeda.

Adapun berdasarkan pantauan warga dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa setempat bahwa sumber air dikawasan tiga lokasi tersebut airnya melimpah bahkan disaat musim kemarau masih bisa memenuhi kebutuhan air dipersawahan warga.

Hari ini kita tinjau 3 lokasi sumber mata air. Harapannya nanti bisa kita usulkan kepada pihak terkait untuk kita diskusikan dan kita usulkan pembangunan sarana air disini,” kata AKBP Fahrurozi.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan bahwa air adalah salah satu komoditas penting dalam kehidupan warga. Oleh karenanya Polres Blora beserta Polsek Jajaran akan terus berusaha untuk membantu warga mencari solusi terbaik dalam menjaga kamtibmas serta meningkatkan perekonomian warga. “Polres Blora akan terus membaur dengan masyarakat, duduk bersama dan mencari solusi bersama setiap ada kendala ataupun permasalahan. Salah satunya adalah masalah air di wilayah desa Kalangan kecamatan Tunjungan,” tandas Kapolres Blora.

READ :   Membuka Sekolah Ngaji Dirumahnya, Aipda Adi Tri Mendapat Penghargaan Kapolres AKBP Fahrurozi

Sementara itu, Kapolsek Tunjungan AKP H. Soeparlan mengutarakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik lahan yang sawahnya ada sumber mata airnya untuk kedepan mungkin sumber air tersebut akan dikembangkan sehingga bisa bermanfaat untuk hajat hidup orang banyak dan tanggapan wargapun positif. “Alhamdulilah tanggapan warga positif, apalagi warga yang kesulitan dalam mendapatkan air dimusim kemarau,” kata Kapolsek Tunjungan.

Soleh, Kepala Desa Kalangan mengaku senang dengan kunjungan dari Kapolres Blora di wilayahnya. Ia berharap dengan kedatangan Kapolres Blora kedepan bisa membantu meringankan warga terutama dalam mendapatkan air bersih untuk kehidupan warga setempat. “Harapannya semoga kebutuhan air di wilayah sini, bisa tercukupi. Terima kasih bapak Kapolres beserta rombongan yang telah mengupayakan kemudahan air untuk warga,” ucap Kepala Desa.

READ :   Cipta Kondisi Sambut Hari Bhayangkara Polres Blora Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2022

( G.RM )

Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Banner IDwebhost