Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Admiral Inspection, Tradisi Dan Tandai Pergantian Panglima Koarmada III

HARIANSOLORAYA.COM, SORONG PAPUA BARAT DAYA || Laksamana Muda TNI Irvansyah bersama Panglima Koarmada III Laksamana Muda Agus Hariadi ikuti kegiatan Admiral Inspection, Kapal Perang Indonesia (KRI) di Dermaga Katapop, Papua Barat Daya.Senin (30/1/2023).

Inspeksi itu dilakukan dalam rangkaian serah terima jabatan (Sertijab) Pangkoarmada III kepada Laksamana Muda TNI Agus Hariadi. Admiral inspection tersebut dilaksanakan menggunakan KRI Mata Bongsang-873 dengan rute pelayaran dari Dermaga Lantamal XIV Sorong menuju Dermaga Mako Armada III Katapop, Papua Barat Daya.

Kegiatan itu merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL. Tradisi tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Sertijab sebelum menyerahkan tongkat komando Pangkoarmada III kepada penggantinya, sekaligus salam perpisahan dari pemimpin lama dan memperkenalkan pemimpin baru.

READ :   Polres Banjarnegara Gelar Patroli Blue Light Patrol Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Setibanya di Dermaga Katapop, Pangkoarmada III menerima penghormatan dan parade oleh prajurit ABK KRI serta disambut dengan teriakan semboyan Koarmada III yaitu “Ghora Wira Madya Jala” dari seluruh prajurit KRI yang dilewati dalam inspeksi tersebut.

Sesaat setelah usai melaksanakan Admiral Inspection, Pangkoarmada III Laksda TNI Agus Hariadi menyatakan kesiapannya dan berkomitmen untuk melanjutkan program kerja yang telah dilaksanakan Pangkoarmada sebelumnya, baik dalam bidang pembangunan infrastruktur, sarana prasarana maupun pemenuhan sumber daya manusianya.

READ :   Pangkoopsud I Pimpin Sertijab 4 Danlanud di Jajaran Koopsud I

Poin penting yang harus tercapai adalah keberadaan Koarmada III ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat di Papua. Koarmada III siap untuk berbaur dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, ungkapnya.

Selain itu, beliau menambahkan bahwa dalam waktu dekat ada beberapa KRI dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang akan dialih binakan untuk memperkuat dan mendukung operasi keamanan laut di wilayah Koarmada III.

Sementara itu, Laksda TNI Irvansyah memberikan pesan kepada Pangkoarmada III bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan selama menjabat, seperti pembangunan gedung kantor maupun pemenuhan kebutuhan personil yang baru mencapai sekitar 36 persen.

READ :   Rencanakan Pembinaan Atlet PON XXI, Pangdam Sosialisasikan Komidam I/BB ke Mitra Strategis

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan acara tradisi lepas sambut Pangkoarmada Ill yang berlangsung dengan hikmad dan penuh haru dimana seluruh personel Koarmada III melaksanakan jajar kehormatan diiringi dengan syair dan lagu dalam melepas dan menyambut Pangkoarmada III. Selamat jalan Laksda TNI Irvansyah, selamat datang Laksda TNI Agus Hariadi.

(Tim/Red)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :
Banner IDwebhost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner IDwebhost