Tiba Saatnya Kemerdekaan Jaringan Internet Kecepatan Tinggi

Banner IDwebhost

HarianSoloRaya.com – Sesaat lagi koneksi internet cepat akan dirasakan masyarakat Indonesia. Pasalnya, tiga paket proyek Palapa Ring yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah telah rampung, dan Palapa Ring Paket Timur telah rampung.

Palapa Ring adalah proyek strategis nasional pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional. Jaringan ini akan menghubungkan seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Backbone serat optik Palapa Ring merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 514  kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. Palapa Ring dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. Skema KPBU dilakukan oleh Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Badan Usaha yang telah terpilih.

Pembangunan Palapa Ring dengan skema KPBU digelar di 57 kabupaten/kota yang belum dibangun oleh pihak swasta. PT Telkom telah menjangkau pembangunan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU. Pembangunan dengan skema KPBU merupakan wujud dari afirmasi pemerintah untuk membangun telekomunikasi di wilayah-wilayah yang secara komersial tidak layak untuk dibangun oleh pihak swasta (not commercially viable).

Nama Palapa dalam Palapa Ring diambil dari Sumpah Palapa yang dikumandangkan oleh Patih Gajah Mada yang bertekad menyatukan Nusantara. Dengan tekad yang sama, pembangunan telekomunikasi diharapkan dapat menyatukan seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dan Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Total panjang kabel serat optik yang dibangun oleh pemerintah adalah 12.148 Km yang terdiri dari 7.862 km kabel laut dan 4.286 km kabel darat.

 

Proyek Palapa Ring ini menghubungkan >>>>>>>>>>Baca Selanjutnya Di Halaman 2 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tiba Saatnya Kemerdekaan Jaringan Internet Kecepatan Tinggi"