Saat foto bersama para siswa SMKN 1 Sambirejo dan Tim AWPI, Senin (16/12)

SMKN 1 Sambirejo Giatkan Minat Menulis, Gelar Pelatihan Jurnalistik Dengan Media Group AWPI

Banner IDwebhost

HARIAN SOLO RAYA, SRAGEN – Bertempat di aula SMKN 1 Sambirejo Kabupaten Sragen, yang beralama moont di jalan Sragen – Balong km 12, Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) dan Media cetak/Online Lintas Indo bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Sambirejo Kabupaten Sragen, mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar, Senin (16/12) Pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Sekolah SMKN 1 Sambirejo Ahmad Dahlan, S.Pd, M.Pd dan beberapa Guru, Ketua Umum AWPI Ir.Nadyanto, Mmfg, Adiat Santoso Korwilsus AWPI Soloraya dan Catur Haryanto Tim Ahli IT AWPI.

Hadir pula Pemimpinan Umum Media Lintas Indo Suwarseno, Pemimpin Redaksi Media Lintas Indo Sugeng Rianto, RT Sugiyanto dari Media Bhayangkara dan Pramono wartawan Media Online Teliksandi.id dan 100 Siswa – Siswi SMKN 1 Sambirejo.

Dalam Randown acara yang didukung oleh beberapa media online dan cetak tergabung dalam Media Group AWPI (MGA) ini, diawali pembukaan Kepala Sekolah SMKN 1 Sambirejo Ahmad Dahlan, yang menyampaikan motivasi kepada para murid agar termotivasi untuk gemar membaca dan menulis, dia katakan pihaknya membuka peluang bekerja sama dengan AWPI untuk mengenalkan kepada siswa tentang jurnalistik.

“Saya hanya berharap, para siswa yang mengikuti acara jurnalistik ini bisa termotivasi untuk menyukai dunia jurnalistik, agar minat baca dan menulis bisa melekat, “ujar Dahlan.

Lebih jauh, dia katakan jurnalistik pernah ia geluti, yakni ketika masih menjadi Mahasiswa yang saat itu juga bisa mendapatkan uang tambahan dari honor yang dia tulis.

“Saya ini termasuk gemar menulis, jadi bagi saya dunia jurnalistik sudah tidak asing lagi, dan Saya berharap kegiatan ini bisa, memberi motivasi yang baik, “ungkapnya.

Setelah Sambutan acara dari Ahmad Dahlan, kemudian di lanjutkan pemberian materi dari tiga narasumber. Yakni Nadyanto selaku Ketua Umum AWPI dengan materi peran millenial terhadap jurnalistik, Kode etik jurnalistik, dan UU Pers No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Dalam Paparannya, Nadyanto ingin para siswa memiliki minat untuk menulis, menurutnya menulis sejenis artikel bisa memotivasi untuk tertarik di bidang jurnalistik.

“Bila kalian mencintai dunia jurnaliistik, niscaya kalian akan ber tambah wawasan, dan sudah menjadi hal yang wajib,karena sekolah itu tak lepas dari membaca, menulis dan berhitung, yang di singkat calistung, “kata Dedy.

Selanjutnya, Sugeng Rianto selaku Pemimpin Redaksi lintasIndoNews.com menyampaikan materi tehnik 5W1H dalam menulis berita, kemudian di lanjutkan Catur Haryanto Tim IT AWPI memberi materi tentang cara membuat Blog, Website media online dan cara berbisnis dengan media online. Hingga usai acara diadakan foto bersama. (Tim)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SMKN 1 Sambirejo Giatkan Minat Menulis, Gelar Pelatihan Jurnalistik Dengan Media Group AWPI"