Sekaten : PKL Mulai Padati Kawasan Alun-alun Utara

Sekaten : PKL Mulai Padati Kawasan Alun-alun Utara

1 komentar 104 views
Banner IDwebhost

Hariansoloraya.com, Solo – Ratusan pedagang kaki lima (PKL) sekaten Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai memadati kawasan alun-alun utara (Alut). Banyaknya PKL berjualan di jalan utama lingkar kawasan Alut membuat jalan menjadi menyempit.

Seorang pedagang gerabah, Marjinah (64) mengaku baru tiba di Solo Minggu kemarin bersama belasan pedagang lainnya asal Jepara yang merantau berjualan di acara sekaten. Setiap ada perayaan sekaten ikut buka lapak di alut.

Baca Juga :

Upacara Hari Santri di Stadion Sriwedari di Pimpin Ahmad Purnomo

Sekda Wonogiri : Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia

“Saya jual di sekatenan mulai tanggal 20 Oktober ini sampai 12 November bulan depan. Sewa lapaknya Rp 500.000,” ujar Marjinah pada Hariansoloraya.com, Selasa (22/10).

Ia mengaku berjualan mainan gerabah di sekaten Solo selama 10 tahun bersama suami. Harga mainan gerabah mulai dari Rp 2.000 untuk model gelas dan piring gerabah, sampai Rp 30.000 untuk celengan tanah liat ukuran sedang.

“Saya berharap tahun ini sekaten ramai. Pada sekaten tahun lalu sekatennya sangat sepi,” kata dia.

Hal serupa diungkapkan, Muhairil (83). Ia mengaku mengadu beruntungan di sekaten sejak tahun 70-an. Selama berjualan di sekaten sering tidak laku saat hujan turun.

 “Ya semoga tahun ini tidak hujan agar pembelinya banyak. Sudah ada ratusan PKL yang berjualan di kawasan Alut Keraton Solo,” kata dia. (Red)

Satu Respon
  1. Dinas Perdagangan Minta Pedagang Sekaten Tertib | Harian Solo Raya1 tahun ago

    […] Sekaten : PKL Mulai Padati Kawasan Alun-alun Utara […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Sekaten : PKL Mulai Padati Kawasan Alun-alun Utara"