SD Hang Tuan Rebut Juara Lomba Lukis Hang Tuah Pasti Bisa Berkrakter

Banner IDwebhost

SD HANG TUAH 9 REBUT JUARA LOMBA KUIS HANG TUAH PASTI BISA BERKARAKTER

HARIANSOLORAYA.COM/ – Sidoarjo,(20/1)
Lomba Kuis Hang Tuah Pasti Bisa Berkarakter digelar selama satu hari di SD Hang Tuah 10 Juanda, (20/1) di ikuti oleh seluruh SD yang berada dilingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, Keluar sebagai juara pertama SD Hang Tuah 9 Candi Sidoarjo dengan nilai tertinggi 845 menyisihkan 7 SD lainnya .

Lomba Kuis Hang Tuah Pasti Bisa Berkarakter ini merupakan salah satu kegiatan rangkaian menyongsong HUT Yayasan Hang Tuah Ke-73 tahun 2020 yang jatuh 14 Januari 2020 . Kuis ini secara resmi di buka oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs S.D Seputra, S.K.M., M.M di saksikan oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Ketua pelaksana lomba Wiwit, S.Pd yang kesehariannya selaku Kepala SD Hang Tuah 10 secara rinci menyebutkan bahwa materi Lomba terdiri dari : Siapa aku, Aku Cinta Indonesia, Norma Baikku dan Kreaktifitasku. Kesemuanya materi tersebut sudah di implementasikan dalam pembelajaran di satuan-satuan pendidikan di Yayasan Hang Tuah.

Mengawali sambutannya Kapeng YHT Cabang Surabaya memberikan semangat kepada seluruh peserta dengan yel-yel Hang Tuah, “ Hang Tuah .. Yes” , “Hang Tuah… Pasti Bisa”, “Hang Tuah… Luar Biasa”. Menurutnya, pendidikan berkarakter sudah menjadi kebijakan Kementrian Pendidikan, oleh karenanya kuis semacam ini pernah di selenggarakan di SD Hang Tuah 10 tahun lalu, dengan harapan kedepan SD Hang Tuah akan menjadi senter pendidikan berkarakter khususnya di lingkungan Yayasan Hang Tuah Surabaya khususnya di tingkat Sekolah Dasar.

Disamping itu melalui kuis ini diharapkan menjadi kajian dari pendidikan berkarakter yang telah berlangsung di lingkungan Hang Tuah, karena pendidikan berkarakter ini sangat penting dan menjadi perhatian khusus pemerintah baik pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Pendidikan berkarakter yang berhubungan dengan moral, sikap, perilaku, untuk menjadikan manusia yang baik sangatlah sulit . Untuk itu Mendiknas memaknai pentingnya pendidikan karakter di berlakukan di sekolah-sekolah dan sekolah memiliki tanggung jawab dan peran yang sangat tinggi dalam pendidikan karakter ini terutama dalam pengajaran yang berhubungan dengan budi pekerti ( sopan santun, rasa hormat, tanggung jawab, toleransi, peduli dll).

Pelaksanaan Kuis Hang Tuah Pasti Bisa Berkarakter di pandu oleh Ida Farida, S.Pd guru dari Hang Tuah 10 serta para yuri dari Yayasan Hang Tuah antara lain Wiwit ,S.Pd, Dra. Lina Nurbaini, Dra Ramayanti, kuis berlangsung empat sesi. Dewan Yuri akhirnya menyimpulkan hasil lomba dengan keluar sebagai juara harapan 2 dari SD Hang Tuah 11 dengan nilai 670, juara harapan 1 dari SD Hang Tuah 7 dengan nilai 790, juara ke-3 SD Hang Tuah 12 dengan nilai 795, juara ke-2 SD Hang Tuah 8 dengan nilai 840 dan juara ke-1 SD Hang Tuah 9 dengan nilai 845.

Kepala Sekolah SD Hang Tuah 9 Candi Sidoarjo Ariani Tri Yuliasih, S.Pd., M.Pd lebih jauh menjelaskan bahwa “ siswanya berhasil menjadi juara pertama adalah berkat perjuangan team, seluruh guru yang benar-benar kompak patut di acungi jempol” tuturnya.

Seluruh pemenang menerima Piala yang langsung di serahkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya. Khusus kepada pemenang/ juara 1-3 di samping menerima piala juga menerima uang pembinaan. (*)
(Hariadi talli)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "SD Hang Tuan Rebut Juara Lomba Lukis Hang Tuah Pasti Bisa Berkrakter"