Satlantas Solo Dibanjiri Pemohon SIM

Tidak ada komentar 69 views
Banner IDwebhost

Hariansoloraya.Com, Solo — Satlantas Polresta Solo telah mengeluarkan sebanyak 6000 Surat Izin Mengemudi (SIM) sementara saat terjadi kekosongan material beberapa waktu lalu. Saat ini, pihaknya masih memiliki stok 1000 keping material SIM untuk pelayanan reguler.

“Pada dropingg pertama, kami telah mengeluarkan sebanyak 4000 material Smart SIM. Untuk dropping kedua ini, ada sebanyak 3000 keping material Smart SIM. Untuk 2000 keping material telah kami keluarkan dan saat ini ada 1000 material SIM yang kami miliki untuk pelayanan reguler,” terang Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni.

Membludaknya pemohon SIM, kata Busroni, lantaran banyaknya warga luar Kota Solo yang melakukan permohonan di Kantor Satpas Satlantas Polresta Solo. Semisal, warga Colomadu, Kabupaten Karanganyar lebih memilih perpanjangan SIM di Satpas Satlantas Polresta Solo ketimbang ke Polres Karanganyar. Selain itu, warga luar Kota Solo yang bekerja di Solo juga melakukan hal yang sama.

 “Itu tidak jadi masalah. Aturannya memang diperbolehkan untuk perpanjangan,” kata Busroni.

Busroni menegaskan, masyarakat yang masih memegang SIM lama tidak perlu resah untuk segera berpindah ke Smart SIM. Lebih baik, mereka menunggu batas habis waktu SIM sebelum melakukan oengurusan lagi.

Secara fungsi, lanjut Busroni, keduanya tetap sama yaitu sebagai kelengkapan berkendara. Namun yang membedakan Smart SIM memiliki Chip yang bisa menampung pelanggaran yang telah dilakukan pemiliknya secara online dan real time, termasuk data pribadi pemilik SIM, seperti  nama, alamat, tempat tanggal lahir, pekerjaan, semua ada pada kartu.

Tak hanya itu, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, pihak kepolisian dapat dengan cepat menghubungi keluarga yang datanya telah disimpan di smart SIM tersebut.

“Selain itu juga bisa diisi saldo maksimal Rp 2 juta yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi ekonomi berbasis E-Money, mulai dari membayar pintu tol, sampai berbelanja dan untuk  membayar denda Tilang,” katanya.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Satlantas Solo Dibanjiri Pemohon SIM"