oleh

Satlantas Polres Brebes Beri Layanan Khusus Penyandang Disabilitas Buat SIM D

Harian Solo Raya, Brebes – Satlantas Polres Brebes memberikan pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas atau difabel dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM) D, Selasa(25/05).
Kemudahan dalam pembuatan SIM D bukan tanpa tes. Mereka tetap melalui tes praktik seperti pada umumnya. Bedanya, motor yang mereka gunakan dimodifikasi khusus beroda tiga.
Meski demikian, dalam proses tes, mereka tampak tetap mahir dan menunjukkan keahliannya melewati jalur yang disediakan.

Diharapkan dalam kemudahan pembuatan SIM D ini mereka tetep bisa melakukan aktivitas berkendara dan menjadi pelopor keselamatan.
Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto melalui Kasat Lantas Polres Brebes AKP Putri Noer Cholifah mengatakan hari ini ada 3 (tiga) orang difabel yang membuat SIM D. Mereka semua mendapatkan kemudahan dalam pembuatan SIM D.

“Sesuai insruksi Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda menyambut Polri yang presisi, kami menambah layanan khusus untuk saudara kita difabel yang pernah mengalami kecelakaan laka lantas, laka kerja ataupun sejak lahir,”tutur Kasat Lantas Polres Brebes

Dirinya juga menambahkan untuk para difabel ini tetap menjalankan uji praktek dan tulis seperti biasa. Namun, ada perlakuan khusus saat praktek mengendarai bermotor.
Putri juga menjelaskan layanan khusus dan terbaik dari Polri yang bertransformasi menjadi Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) bisa memberikan manfaat bagi kaum difabel.

“Kita mengedepankan sisi kemanusiaan kepada untuk saudara – saudari kita penyandang difabel untuk memberikan hak-haknya biar lebih percaya, lebih kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk berinteraksi sosial dan melaksanakan mencari nafkah sebagai kepala rumah tangga,” terangnya.
Salah seorang difabel, Wawan (24) Warga Ragatunjung kecamatan paguyangan merasa sangat terbantu akan adanya kemudahan kaum difabel dalam pemuatan SIM D.

“Kita merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini, kita semuanya merasa senang dengan layanan yang diberikan satlantas Polres Brebes, Harapan kita semoga ini bisa berkelanjutan,” tandasnya.(Wahyu)

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terkini