Oknum ASN Terlbat Penipuan Recruitmen CPNS

Tidak ada komentar 65 views
banner 468x60
Oknum ASN Terlbat Penipuan Recruitmen CPNS di Tulungagung

Oknum ASN Terlbat Penipuan Recruitmen CPNS

 

Tulungagung, HarianSoloRaya.COM – TIM dari Polres Tulungagung, Jawa Timur menangkap seorang perempuan berinisial EK, aparatur sipil negara (ASN) di Sekretariat DPRD setempat.

 

EK ditangkap lantaran diduga terlibat kasus penipuan berkedok rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

 

Kepada korbannya, EK menjanjikan bisa mempekerjakan mereka di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tulungagung.

 

 “Saudari EK ini kami tangkap berdasar laporan dari dua orang korbannya yang dijanjikan menjadi ASN di lembaga pemasyarakatan,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Handoyo Subiakto saat merilis kasus, Jumat (5/2).

 

Sebelum tertangkap, EK sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Tulungagung pasca dilaporkan oleh dua orang korbannya. Setelah dilakukan penyelidikan, EK pun tertangkap di tempat persembunyiannya di sebuah rumah di wilayah Kediri.

 

Menurut AKBP Handoyo, korban dugaan penipuan rekrutmen CPNS dimintai tersangka uang pelicin Rp 115 juta untuk bisa menjadi CPNS/CASN di lingkungan Kemenkumham. Polisi belum memerinci kronologis kasus ini. Namun, diduga korban EK lebih dari dua orang.

 

“Korban sebenarnya banyak, tetapi sementara yang kami proses yang dua orang ini,” ucap Handoyo.

 

EK diketahui berstatus ASN dan berdinas di Sekretariat DPRD Tulungagung. Lantaran terjerat kasus asusila bersama oknum anggota dewan saat itu, EK kemudian dipindah ke Kecamatan Kauman.

EK  enggan memberikan komentar terkait kasusnya kali ini. Dia hanya tertunduk dan diam. EK juga berusaha menghindari jepretan kamera awak media.

 

Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Ardyan Yudo Setiantono EK membenarkan bahwa EK sebelumnya terlibat kasus asusila dengan oknum anggota DPRD inisial RYN yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

 

“Iya, tetapi bukan kasus ini. Ada lagi kasus berbeda,” kata Yudo. Dalam kasus ini, penyidik berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa tujuh lembar kuitansi penyerahan uang, satu lembar surat pernyataan.

 

Kemudian dua lembar SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), satu lembar surat pernyataan pengembalian uang, lima lembar surat dari Camat Kauman, selembar surat dari Inspektorat Tulungagung, tiga lembar surat panggilan, selembar ijazah dan SKHUN SMAN 1 Karangrejo.

 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, EK ditahan di tahanan Mapolres Tulungagung. Dia dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.(Red)

 

1
Banner IDwebhost banner 468x60
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Oknum ASN Terlbat Penipuan Recruitmen CPNS"