Mengerikan ! Inilah 7 bahaya mengkonsumsi es batu

1 komentar 223 views
banner 468x60

 

HARIANSOLORAYA.COM – Di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia terkadang cuaca bisa menjadi sangat panas. Ketika keadaan cuaca sangat panas banyak orang yang gemar sekali mengkonsumsi minuman dingin. Karena memang terasa sangat nikmat mengkonsumsi minuman dingin ditengah cuaca panas.

Kebanyakan orang di Indonesia mengkonsumsi minuman dingin dengan cara mencampurkan es batu ke dalam minuman. Cara ini memang akan membuat minuman terasa dingin, segar dan nikmat. Terlebih lagi para pekerja bangunan yang setiap hari berpanas-panasan, biasanya mereka akan selalu mengkonsumsi minuman dingin yang dicampur es batu. Begitu juga dengan petani dam profesi-profesi berat lainnya.

Namun, tahukah anda bahaya dibalik nikmatnya es batu ? Ada banyak sekali gangguan pada tubuh yang disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi es batu. Berikut diantaranya :

Meminum atau Memakan Es Batu bisa Membuat Pusing

Hal ini bisa terjadi ketika cuaca sangat panas atau sehabis olahraga kita langsung mengkonsumsi es. Hal tersebut dapat terjadi karena setelah kita berolahraga terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh, juga otot dalam tubuh dalam kondisi tegang. Ketika kita mengkonsumsi es, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan karena antara suhu tubuh dan suhu es tidak selaras. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung. Akibatnya proses pemompaan darah terganggu sehingga kepala menjadi sering pusing.

Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi atau defisiensi besi adalah hal yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan kita yang suka makan es batu. Nantinya, tubuh yang kekurangan zat besi juga mempengaruhi pola makan kita.

Dapat Membuat Perut Buncit

Mengkonsumsi es terutama setelah makan dapat membuat usus dalam perut kita menyempit. Menyempitnya usus tersebut dapat menghambat kinerjanya dalam mencerna makanan yang masuk, akibatnya perut menjadi buncit.

Merusak Gigi

Mengkonsumsi es batu dengan cara dikunyah dapat merusak gigi. Mengunyah es batu berpotensi merusak email gigi dan berbuntut pada rusaknya gigi. Kerusakan tersebut terjadi ketika gigi berusaha untuk memecahkan substansi yang keras. Akibatnya, gigi yang digunakan untuk mengunyah akan lebih cepat rusak.

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Hal tidak terduga jika kita sering makan es batu bukan hanya terjadi pada gigi tapi juga berdampak untuk tubuh kita. Sering makan es batu dapat menurunkan nafsu makan tapi jika hal ini dijadikan kebiasaan terus-menerus, bisa menyebabkan kekurangan gizi dan nutrisi.

Mengganggu Metabolisme

Bahaya makan es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi es secara berlebih dapat membekukan lemah yang ada dalam aliran darah. Akibatnya, aliran darah terganggu, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu.

Membuat Mual, Dehidrasi dan Diare

Memakan es batu dapat membuat dehidrasi dan mual. Hal ini karena ketika kita mengunyah es batu, kita bisa lupa waktu. Selain itu kandungan es batu yang kita kunyah belum tentu benar-benar sehat. Beberapa es batu yang bebas dijual di pasaran, bukan yang kita buat sendiri di rumah, terbuat dari air mentah dan bisa mengandung bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut antara lain seperti bakteri Ecoli yang bisa menyebabkan diare.

Sebaiknya jangan konsumsi es batu setiap hari. Hindari juga mengkonsumsi es batu setelah olahraga. Selalu konsumsi es batu dengan mencampurkannya kedalam minuman. Jangan mengunyahnya secara langsung, karena itu akan sangat berbahaya bagi gigi kita. Yang terakhir selalu pastikan es batu yang anda konsumsi berasal dari air matang untuk menghindari adanya bakteri-bakteri berbahaya. ( Red )

1
Banner IDwebhost banner 468x60
Satu Respon
  1. author
    Penulis

    Redaksi2 bulan ago

    Wow, sangat bermanfaat
    Terima kasih
    Salam sehat selalu

    Balas

Tinggalkan pesan "Mengerikan ! Inilah 7 bahaya mengkonsumsi es batu"