oleh

Kepala Desa Perempuan Sekaligus Relawati Pemulasaraan Jenazah Infeksius

-DAERAH-112 views

Harian Solo Raya, Klaten – Satgas Penanganan Covid 19 tingkat Kabupaten Klaten, mengadakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Infeksius di Balai Desa Kranggan , Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Kamis (29/7/2021).
Pelatihan Pemulasaraan jenazah infeksius diikuti para relawan dan relawati dari tiga ( 3 )Desa .Yaitu, Desa Kahuman, Desa Kranggan, Desa Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo , Kabupaten Klaten. Yang turut menyaksikan dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Desa Kranggan, Kepala Desa Kebonharjo, dan , pihak terkait dari Kecamatan Polanharjo serta Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah setempat.

Puluhan peserta sangat hikmat mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh Satgas Kabupaten.Dari mulai awal hingga akhir tata cara pemulasaraan jenazah infeksius. Dari puluhan peserta pelatihan tersebut , Empat Belas ( 14) Relawan dan Relawati diantaranya dari Desa Kahuman. Terdiri dari 8 kaum pria dan 6 kaum wanita. Dari enam relawati yang ikut pelatihan salah satunya adalah Kepala Desa Kahuman, Ida Andung S.Pd.
Dalam kesempatan ini Ida Andung S.Pd, selaku Kepala Desa Kahuman kepada wartawan Harian Solo Raya melalui pesan singkatnya menyampaikan , harapan dari kegiatan pelatihan tersebut.

” harapan saya dengan adanya Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Infeksius ini, nantinya di harapkan relawan dan relawati bisa mendapatkan tambahan ilmu perihal tata cara perawatan hingga pemakaman jenazah yang terinfeksi virus. Selain itu , semoga bisa mengurangi kecemasan warga selama ini. Karena dari beberapa kali ada warga yang meninggal, untuk pemakamanya harus menunggu antrian pemakaman. Dengan adanya pelatihan ini, Desa Kahuman memiliki relawan sendiri, dengan Relawan dan Relawatinya kapan saja siap untuk pemulasaraan jenazah warga Kahuman yang meninggal dunia di masa pandemi ini” kata Ida Andung S.Pd.

Kepala Desa Kahuman Ida Andung S.Pd sangat prihatin dengan keadaan di masa pandemi ini. Karena sudah banyak makan korban, khususnya warga Desa Kahuman.

“kalau suatu saat nanti, ada warga Desa Kahuman yang meninggal dunia, khususnya perempuan, nanti saya yang akan memimpin pemulasaraan jenazahnya,Insya Alloh Ikhlas dan Tulus ” tutup Ida Andung S.Pd.

Ini bisa menjadi contoh yang baik Kepala Desa lainya, khususnya di wilayah Kabupaten Klaten.
( Bang Je)

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar