oleh

Kali Ketiga, TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Penumpang Kapal, Tenaga Bongkar Muat dan Pedagang Asongan Di Pelabuhan Umum Sorong

-DAERAH-34 views

Harian Solo Raya, Sorong – Untuk kali ketiga, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang digelar di Pelabuhan Umum Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (01/08/2021). Serbuan yang ketiga di pelabuhan ini menyasar Penumpang Kapal, Tenaga Bongkar Muat Pelabuhan, pedagang asongan, dan masyarakat umumnya. Pada saat digelar serbuan tersebut sandar KM Gunung Dempo yang akan berlayar ke Makassar Sulsel.

Sebelumnya, yaitu tanggal 17 dan 25 Juli 2021, Koarmada III juga melaksanakan kegiatan yang sama di terminal penumpang pelabuhan tersebut dengan menyasar anak buah kapal, tenaga bongkar muat, penumpang, porter, dan masyarakat umumnya.

Penyelenggaraan vaksinasi masyarakat maritim yang ketiga kalinya di Pelabuhan Umum Sorong ini sebagai respon meningkatnya kesadaran masyarakat melaksanakan vaksinasi Covid-19. Selain itu, Kota Sorong merupakan salah satu daerah yang masih menerapkan PPKM Darurat Level 4. Untuk itu, Koarmada III dan jajaran terus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim dan sosialisasi secara persuasif penerapan protokol kesehatan sebagai upaya menurunkan status PPKM tersebut.

Untuk meyakinkan vaksinasi Covid-19 ini berjalan masif, Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang digelar di Alun-Alun Aimas dan Pelabuhan Umum Sorong, sekaligus memberikan motivasi kepada tenaga kesehatan 50 orang yang berkerja tak kenal lelah.

Pangkoarmada III menegaskan Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., dalam rangka mendukung program nasional dua juta orang tervaksin dalam sehari. Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim baik di pesisir maupun di pulau-pulau kecil yang sangat sulit dijangkau transportasi apapun bahkan listrik juga belum ada.

Dalam waktu dekat ini, akan dilanjutkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di pulau-pulau kecil, antara lain Pulau Doom, Pulau Buaya, Pulau Soop, dan sejumlah pulau kecil gugusan Kepulauan Raja Ampat.

Sementara itu, serbuan vaksinasi yang digegal Koarmada III dan jajaran ke pulau kecil antara lain dilancarkan Guspurla Koarmada III di Pulau Moti, Maluku Utara dengan mengerahkan KRI Kakap-811, personel pendukung dan tenaga kesehatan sebanyak 22 orang.

Di wilayah berbeda, Komando Armada III dan jajaran juga melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan maupun di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau, yakni Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencin dan terluar.

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke, dan Lantamal XIV Sorong serta Lanal Saumlaki, Lanal Morotai, Lanal Biak, Lanal Tual, Lanal Ternate, Lanal Timika, dan Lanal Aru melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya masing-masing.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

( Wahyu )

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar