Info Rekrutmen CPNS di Wonogiri, Kepastiannya Tunggu Pekan Depan

Banner IDwebhost

Wonogiri, Hariansoloraya.com – Kepastian mengenai perekrutan CPNS di Kabupaten Wonogiri baru akan diketahui setelah Kamis mendatang (17/10). Pada hari itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten tersebut akan diundang oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN & RB) di Jakarta.

Kepala BKD Kabupaten Wonogiri, Haryono mengungkapkan, Wonogiri tahun ini dimungkinkan akan mengadakan perekrutan CPNS. Namun, jadwal penyelenggaraan dan jumlah formasi yang dibuka belum bisa dipastikan. “Besok tanggal 17 Oktober kami akan diundang ke Jakarta. Mudah-mudahan tidak mundur lagi dan ada kepastian perekrutan CPNS,” terangnya,Senin (14/10).

Pemkab Wonogiri sebelumnya telah mengusulkan jumlah formasi yang direkrut, yakni 628 orang, atau sebanyak jumlah pensiunan selama tahun 2019. Namun, pihaknya belum bisa memastikan jumlah formasi yang disetujui.

Jumlah formasi yang dibuka kelak dibagi menjadi dua kategori, yakni 30 persen untuk perekrutan CPNS formasi umum dan 70 persen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kami juga belum tahu. Apakah perekrutan CPNS dan PPPK nanti akan dilaksanakan bersama-sama atau terpisah. Mudah-mudahan setelah 17 Oktober nanti ada kepastian,” ujarnya.

Haryono mengungkapkan, pemerintah pusat sudah meminta agar Pemkab menyiapkan keperluan untuk perekrutan CPNS.

Kebutuhan Pegawai

Di sisi lain, kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Wonogiri sebanyak 22.000 orang. Namun, jumlah pegawai di kabupaten itu saat ini hanya berkisar 10.000 orang, atau mengalami kekurangan sekitar 12.000 orang. Angka tersebut diperoleh sesuai dengan Analisa Beban Kerja (ABK) atau metode penghitungan yang diatur oleh pemerintah pusat.

“Berdasar ABK 2018, kebutuhan pegawainya masih kurang 12.000 orang,” terangnya.

Meskipun hanya memiliki 10.000 pegawai, roda pemerintahan di kabupaten tersebut masih dapat berjalan. Pemkab berupaya agar para pegawainya menguasai teknologi informasi.

“Kalau semua memakai teknologi digital, pekerjaan yang sebelumnya dilakukan 10 orang, bisa diselesaikan kurang dari 10 orang,” imbuhnya. (Red)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Info Rekrutmen CPNS di Wonogiri, Kepastiannya Tunggu Pekan Depan"