oleh

Imbas Pandemi, Pelantikan 32 Ormawa Univet Bantara Mundur Dari Jadwal

Sukoharjo, HarianSoloRaya.COM – Setelah tertunda beberapa bulan, akhirnya pengurus sebanyak 32 Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan) Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo periode 2021 dilantik Pj Rektor Farida Nugraheni dengan hanya menghadirkan masing – masing ketua di auditorium kampus setempat, Rabu (28/4/2021).

Ketua Panitia Pelantikan yang juga Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Budi Setiyono menyampaikan, semestinya pelantikan dilaksanakan beberapa bulan lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pelantikan para pengurus Ormawa terdiri DEMA, BEM, 10 UKM, 20 HMP dengan jumlah keseluruhan 747 orang terpaksa mundur dari jadwal.

“Yang hadir dilantik hari ini adalah masing – masing ketua dilaksanakan secara luring. Sedangkan untuk anggota pengurus lainnya mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting,” terang Budi.

Menurutnya, masa jabatan pengurus Ormawa antara 10 hingga 12 bulan/1 tahun, menyesuaikan periode tahun akademik. Namun tahun ini karena pembentukannya terlambat, pelantikannya juga terlambat akibat pandemi, maka masa jabatan kepengurusan kali ini tidak sampai 1 tahun.

“Paling lama tinggal menyisakan sekitar 5 bulan sampai 6 bulan. Nggak sampai 1 tahun,” imbuhnya.

Sementara, Pj Rektor UVBN Farida Nugraheni berharap dengan dilantiknya pengurus baru Ormawa bisa menjadi semangat baru menggerakan masing-masing organisasi mahasiswa untuk meraih prestasi. Posisi dan peran mahasiswa dalam perguruan tinggi sangat penting untuk meraih akreditasi institusi maupun program studi.

“Saat ini, kami sedang ingin meningkatkan prestasi maka otomatis harus menggalakkan peran mahasiswa untuk berkompetisi yang baik dalam organisasi,” terangnya.

Kedepan, tantangan yang dihadapi mahasiswa di era revolusi industri 4.0 sangat berat. Mereka akan menjadi pemain dalam dunia kerja setelah lulus yakni, harus menjadi sarjana dengan memiliki kemampuan soft skill yang tidak dipelajari lewat mata kuliah, tapi diperoleh melalui organisasi.

“Saya sangat mendukung ada mahasiswa yang ikut organisasi agar bisa mengasah ketrampilan antara lain kepemimpinan, tanggung jawab, kerjasama. Melalui organisasi mampu menciptakan generasi muda tidak gagap di masa depan,” tegasnya.

Dengan berorganisasi, lanjut Farida, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan membuka jejaring dengan menjalin kerjasama dengan mahasiswa perguruan tinggi lain.

“Dari berorganisasi inilah mahasiswa bisa mengawali titik kesuksesan untuk masa depan. Dampaknya pada kampus, kalau mahasiswanya meraih prestasi maka nama Univet Bantara semakin harum. Prestasi tercatat dan menaikan peringkat menjadi perguruan tinggi lebih baik,” pungkasnya. (NNG)

1
SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terkini