oleh

Disdukcapil Klaten Lakukan Pelayanan Jemput Bola Dokumen Administrasi Kependudukan di Desa Kupang

Klaten, Jateng

HARIANSOLORAYA.COM–Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klaten melaksanakan pelayanan jemput bola dokumen administrasi kependudukan seperti ; Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Akta Kematian di wilayah Kecamatan Karangdowo bertempat di Desa Kupang, Sabtu (21/11/2020)

Plt Disdukcapil Kabupaten Klaten Sri Winoto SH menjelaskan kegiatan ini untuk memberi kemudahan kepada warga dalam mengurus dokumen-dokumen administrasi kependudukan sebagai identitas penting bagi warga negara.

“Untuk mengurus KIA anak dibawah usia 5 tahun yang sudah punya akta kelahiran bisa langsung dicetak dan dikirim ke desa, namun yang usia diatas 5 tahun harus pakai foto anak mengisi formulir dan menunggu proses pencetakan”, jelasnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten dalam pelayanan jemput bola ini menerjukan 10 petugas langsung dan dipantau Kades Kupang serta Perangkat Desa setempat dengan mengatur pemohon dokumen kependudukan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Beberapa persyaratan harus dipenuhi seperti untuk pembuatan Akta Kelahiran, adalah anak usia 0-2 bulan mempunyai surat keterangan kelahiran, foto copy KTP orang tua, surat keterangan kelahiran dari RS. Foto copy KTP pelapor dan FC KTP saksi. Sedangkan untuk Akta Kelahiran anak usia lebih 2 tahun melengkapi persyaratan khusus dengan melampirkan formulir dispensasi.

Kades Kupang Sutari menyambut baik pelayanan dari Disdukcapil Klaten tersebut. ” Semoga dengan pelayanan jemput bola ini dapat memenuhi kebutuhan warga dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan yang diperlukan “, kata Sutari

Beberapa warga desa di wilayah Kecamatan Karangdowo merasa senang dengan kemudahan pelayanan Disdukcapil secara jemput bola ini. ” Kami sebagai warga merasa senang bisa mengurus KIA dan tidak usah mengantre lama ke Disdukcapill “, kata Sunarti warga Desa Soka.

Sri Winoto SH mengapresiasi minat warga dalam mengurus dokumen administrasi kependudukun bagi warga di wilayah Kecamatan Karangdowo.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Camat Karangdowo dan Kades Kupang atas kerja samanya melayani warga dalam pelaksanaan giat ini. Dan terima kasih atas apresiasi warga dan kesadarannya akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan”, pungkasnya.

(Danang K)

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terkini