Dinsos Karanganyar Jemput Pengungsi Wamena

Tidak ada komentar 121 views
Banner IDwebhost

Hariansoloraya.Com, Karanganyar – Warga perantau asal Kabupaten Karanganyar di Wamena, Jayawijaya, Papua mulai berdatangan di kampung halamannya. Para pengungsi dari wilayah kerusuhan ini dijemput Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Jumat (4/10).

Kepala Dinas Sosial Agus Heri Bindarto mengatakan tiga warga perantau asal dua Kecamatan Gondangrejo dan Jaten dijemput di Panti Pelayanan Sosial Wanita ‘Wanodyatama’ Surakarta pada Jumat pagi.

Usai diangkut pesawat Hercules milik TNI AU, mereka mendarat di Malang, Jawa Timur pada Kamis (3/10). Kemudian oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, pengungsi dari sejumlah kota/kabupaten di wilayahnya diantar ke titik kumpul.

Di wilayah eks Karisidenan Surakarta, titik kumpulnya di panti Wanodyatama. Tiga warga Karanganyar itu adalah Parman dan Iwan Rifai, warga Rt 02/Rw IV Desa Kragan, Gondangrejo; serta Christian Budi warga Rt 01/Rw I Desa Tegal Desa/Kecamatan Jaten.

Akibat kerusuhan di Wamena, ketiganya kehilangan pekerjaan tetap. Aset mereka dirusak dan keselamatannya terancam.

 “Bengkel milik Iwan ludes diamuk massa. Keluarganya sudah duluan mengungsi ke Klaten. Sedangkan Parman yang penarik ojek, merasa tidak aman merantau di sana. Adapun Christian yang bekerja sebagai ASN di Wamena, diliburkan sampai waktu yang tidak ditentukan,” katanya kepada wartawan.

Dinas Sosial Karanganyar menunggu gelombang pemulangan berikutnya. Timnya siap memfasilitasi pengungsi sampai ke kampung halaman.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinsos Karanganyar Jemput Pengungsi Wamena"