Didenda karena Telat Pelaksanaan Proyek Pasar Sraten Gatak Sukoharjo

Banner IDwebhost

Sukoharjo, HarianSoloRaya Pelaksana pembangunan Pasar Sraten, Kecamatan Gatak terkena pinalti, akibat tidak selesai sesuai kontrak tanggal 2 November. Pinalti tersebut berupa denda 1 per 1.000 dari nilai proyek Rp1,1 miliar atau Rp1,1 juta per hari.

Kasi Intel Kejari Sukoharjo Yohanes Kardinto yang juga Ketua TP4D mengatakan, terdapat 18 proyek pembangunan di Kabupaten Sukoharjo yang mendapatkan pengawalan dari TP4D. Proyek-proyek tersebut di antaranya dua proyek pembangunan puskesmas, tiga pembangunan pasar tradisional, enam proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dua proyek desa dan empat proyek sekolah.

“Salah satunya adalah proyek pembangunan Pasar Sraten. TP4D sudah memberikan rekomendasi kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) terkait keterlambatan pengerjaan oleh pihak rekanan atau ketiga dalam proyek yang bersangkutan,” jelas Yohanes, Senin (4/11).

Rekomendasi yang diberikan yaitu, pemberian sanksi pinalti denda kepada kontraktor. Sebab berdasarkan kontrak kerja, pembangunan Pasar Sraten, Kecamatan Gatak senilai Rp 1,1 miliar mestinya rampung pada 2 November lalu. Namun hingga berakhirnya masa kontrak kerja, proyek pembangunan pasar belum sepenuhnya selesai 100%. “Di sana masih menyisakan pengerjaan finishing seperti pengecetan. Karena itu kami rekomendasikan untuk dikenakan denda pinalti,” tegasnya.

Terkait dengan besaran denda keterlambatan, kata dia, dihitung 1 per mil atau 1 per 1000 dari nilai proyek. Jika dikalkulasikan maka denda keterlambatan yang harus dibayarkan kontraktor adalah Rp1,1 juta per hari. Selain proyek tersebut, TP4D juga mencermati proyek pembangunan puskesmas. Yaitu Puskesmas Bendosari dan Celep, Nguter. Dua proyek puskesmas ini hingga akhir Oktober pengerjaannya minus 3,7 persen. Hal tersebut menyebabkan proyek terrancam mengalami keterlambatan penyelesaikan. “Kami sudah memberikan warning kepada PPK agar proyek pembangunan bisa dikebut. Sebab proyek itu selesai pada Desember nanti,” tandasnya. (Red)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Didenda karena Telat Pelaksanaan Proyek Pasar Sraten Gatak Sukoharjo"