Di Balik ‘Uji Publik’ Bos BUMN ala Erick Thohir

Banner IDwebhost

Di Balik ‘Uji Publik’ Bos BUMN ala Erick Thohir

Jakarta, HarianSoloRaya – Bursa pemilihan bos Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menjadi sorotan publik. Bukan karena siapa yang ujug-ujug jadi bos di BUMN mana, tapi soal gaya Menteri BUMN Erick Thohir dalam memilih ujung tombak perusahaan negara.

Dalam hal ini, ia seolah menerapkan ‘uji publik’ terhadap tokoh-tokoh yang ditawarkan menjadi petinggi BUMN. Gaya ini cukup berbeda dengan apa yang dilakukan menteri sebelumnya, Rini Soemarno.

Boleh dibilang, gaya Erick serupa dengan bosnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi). Publik tentu masih ingat bagaimana kepala negara melakukan ‘uji publik’ terhadap tokoh-tokoh yang ditawari kursi menteri saat meracik Kabinet Indonesia Maju beberapa pekan lalu.

Satu per satu tokoh diundang ke Istana Negara, diajak berdiskusi soal beberapa topik pembangunan, hingga akhirnya didapuk menjadi menteri di kabinet baru. Nah, hal ini pula yang coba dilakukan Erick.

Mantan ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin itu sempat menggunakan gaya lama yang diterapkan Rini. Ia menyatakan sudah mengantongi beberapa usulan nama yang akan ditawari kursi bos BUMN.

Nama-nama itu selanjutnya diberikan ke Jokowi. Namun, hanya selang beberapa hari, Erick mengubah gayanya.

Ia kemudian memanggil tokoh-tokoh yang ingin ditawari kursi petinggi di perusahaan pelat merah. Ia memulainya dengan memanggil mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada pekan lalu.

 

Sosok Ahok yang popularitasnya…………………

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Di Balik ‘Uji Publik’ Bos BUMN ala Erick Thohir"