Desa Dituntut Miliki Website

Tidak ada komentar 99 views
Banner IDwebhost

Hariansoloraya.Com, Karanganyar – Pemerintah desa di Kabupaten Karanganyar diwajibkan memiliki web untuk mempermudah koordinasi dengan pemerintah provinsi dan mempromosikan produk unggulannya.

 “Kami mengundang Sekdes dan petugas kantor desa yang menguasai IT. Konten-konten tertentu wajib ditayangkan di web desa. Ini sudah era digitalisasi. Desa yang memiliki web, akan disinkronisasi dengan pemprov. Laporan-laporan yang dibutuhkan pemprov, bisa langsung diakses ke desa bersangkutan. Dulunya, laporan desa diupload dulu oleh admin Dispermasdes ke Pemprov,” kata Kabid Pembinaan Administrasi dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dari Dispermasdes Karanganyar di aula BKK Tasikmadu, Titik Setiati kepada wartawan, Kamis (4/10).

Dalam kesempatan itu, perangkat desa dari 162 desa diundang. Mereka mendapat sosialisasi pentingnya melek keterbukaan informasi publik yang dapat diakses melalui IT. Desain web dapat diolah mandiri, namun dikoneksikan ke Kominfo. Sejauh ini, 46 desa telah memiliki web desa.

 “Cuman, belum ditautkan ke Kominfo,” katanya.

Web desa juga potensial memberi informasi ke khalayak luas tentang produk unggulan. Hal ini mempermudah jelajah pasar lebih luas.

Kabid Kominfo Dinas Kominfo Karanganyar, Ardiansyah mengatakan mengatakan keterbukaan informasi publik diatur UU no 17 tahun 2008 dan UU No 6 tentang Desa. (Red)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Desa Dituntut Miliki Website"