oleh

Dandim 0732/Sleman Mengikuti Halal Bihalal Secara Virtual Dengan Gubernur DIY

Harian Solo Raya, Sleman — Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana S.H.,M.,Han bersama Forkompimda Kabupaten Sleman menggelar syawalan atau halal bihalal pada bulan Syawal tahun 1442 Hijriah dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Wagub DIY Paku Alam X secara Virtual di ruang Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Senin (31/5/2021)

Mewakili seluruh Kepala Daerah DIY, Walikota DIY Haryadi Suyuti menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin, serta menyampaikan harapannya agar pandemi Covid 19 ini dapat segera usai. Ia juga menyampaikan besarnya kerinduan masyarakat DIY dengan tradisi syawalan yang biasa diselenggarakan seperti pada tahun – tahun sebelum terjadinya pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya menyampaikan, melalui momentum syawalan tahun ini agar seluruh masyarakat dapat memaknai arti hidup berdamai dengan toleransi tanpa saling menghakimi satu sama lain layaknya hidup berbangsa dan bernegara. “Tidak lupa Ngerso Dalem mengucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah dan permohonan maaf lahir batin bagi seluruh masyarakat DIY”, katanya.

Disampaikan pula bahwa, Islam bukan lagi arti doktrin agama semata, tetapi konsep kebenaran universal yang mengedepankan kemanusiaan sebagai artikulasi pemaknaan dalam arti Tauhid, sesuai dengan ajaran elementer Islam Rahmatan Lil Alamin. Pemahaman seperti itu yang menjadikan Islam berkah bagi seluruh alam semesta.

Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi saat ini, bukanlah halangan untuk tetap menjalin dan memelihara silaturahmi, walaupun harus dilakukan dengan cara yang berbeda. “Meski syawalan ini dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi esensi dalam bersilaturahmi. Justru harapan saya kegiatan seperti ini dapat dicontoh oleh seluruh masyarakat bahwa kita masih bisa bersilaturahmi, saling memaafkan pada momen Idul Fitri ini walaupun melalui virtual atau melalui online, tanpa bertemu langsung secara fisik, dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menyelesaikan persoalan pandemi ini,” ucap Dandim.

Acara syawalan yang diselenggarakan secara virtual dapat berjalan dengan lancar dan tertib dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. Selain dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 di wilayah DIY dan sekitarnya, hal ini juga dilakukan agar tetap terjaganya silaturahmi antar pemangku kepentingan di daerah khususnya pada momen Idul Fitri tahun ini. Harapan besar semua masyarakat Indonesia, agar pandemi ini segera berakhir, sehingga tradisi dan budaya masyarakat dapat dilaksanakan seperti sedia kala. (Sindu Kurniawan)

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terkini